Senin, 20 Desember 2010

tulisan 2 (softskill pengantar bisnis)

NAMA  : INTAN PUTRI
NPM     : 23210571
KELAS : 1EB06

TIPS JADI PENGUSAHA SUKSES

Siapapun yang memiliki usaha, tentu berharap usahanya akan sukses. Tapi tidak semua orang bisa sukses menjadi pengusaha. Seorang pengusaha sukses sering dikatakan orang adanya faktor keberuntungan. Padahal keberuntungan hanya memegang peranan yang sangat kecil.

Kalau kita menyimak kisak sukses para pengusaha, banyak pelajaran yang dapat kita peroleh dari sana. Beberapa diantaranya terungkap dalam tips jadi pengusaha sukses sebagai berikut.


Berpikir Sukses

Tips jadi pengusaha sukses yang pertama adalah berpikir sukses. Banyak orang yang menginginkan jadi pengusaha tapi dilanda keraguan. Apakah aku bisa sukses? Bagaimana kalau ternyata gagal? Apa yang harus kulakukan bila gagal?

Pertanyaan-pertanyaan serupa memang kerap melanda para calon pengusaha. Ada yang malah jadi mundur dan urung berbisnis. Adapula yang menjadikan pikiran seperti ini sebagai pemacu semangat.

Tentu saja berpikir sukses menjadikan Anda lebih bersemangat memulai usaha. Kekhawatiran akan kegagalan adalah hal yang wajar. Tapi jangan menjadikan sebagai penghalang kesuksesan.


Tahan Banting

Tahan banting adalah salah satu tips jadi pengusaha sukses. Banyak orang yang baru memulai usaha, menemukan suatu kendala lalu mundur dan menutup bisnisnya. Adapula yang putus asa karena kekurangan modal atau kendala-kendala lainnya.

Seorang calon pengusaha sukses harus tahan terhadap setiap penghalang. Bahkan menjadikan penghalang tersebut sebagai cambuk untuk lebih maju. Banyak pengusaha sukses yang juga mengalami jatuh bangun memulai dan membesarkan bisnisnya.


Teman Sejalan

Menjadi seorang calon pengusaha sukses berarti juga membutuhkan teman yang sesuai. Jika kita akan memulai suatu usaha dan ingin menjadi pengusaha sukses, carilah mentor atau komunitas yang mendukung hal tersebut. Kalau perlu, Anda bisa mengikuti seminar-seminar pengusaha sukses ataupun mencari komunitas pengusaha.

Dari mentor atau teman pengusaha, kita jadi bisa memperoleh banyak hal. Mulai dari motivasi, ilmu berbisnis, cara berhubungan dengan bank, mencari modal, mencari mitra bisnis, dan lain-lain. Hal-hal seperti ini tentu sangat pernting artinya bagi seorang calon pengusaha.


Menerima Kritik

Tips jadi pengusaha sukses berikutnya adalah mau menerima masukan dan kritik dari siapapun. Baik dari keluarga, rekan bisnis maupun dari klien dan konsumen yang kita layani.

Misalnya Anda memiliki rumah makan. Anda tentu saja dapat menanyakan langsung pada konsumen Anda bagaimana rasa makanan di rumah makan Anda. Bagaimana pelayanannya? Menu apa yang kira-kira paling mereka sukai? Atau pun menu apa yang kira-kira mereka inginkan ada di rumah makan Anda.

Pertanyaan-pertanyaan seperti ini dapat mengukur tingkat kepuasan pelanggan Anda. Selain itu, Anda juga dapat sekaligus melakukan survei pelayanan dan keinginan pelanggan. Dengan begitu, Anda bisa memberikan kepuasan pada pelanggan. Sekali mereka puas, mereka akan loyal pada Anda.


Berdoa

Setelah Anda sudah berusaha, tentu saja doa adalah pelengkap dari semua usaha yang Anda lakukan. Sebagai makhluk biasa, kita masih memiliki banyak keterbatasan di luar kemampuan yang telah kita lakukan. Karena itu berdoa adalah pelengkapnya.

Selain itu berdoa dapat mencegah Anda dari rasa stres dan frustasi akibat bisnis yang tidak berjalan sesuai keinginan.

Demikianlah beberapa tips jadi pengusaha sukses yang dapat Anda terapkan untuk memulai dan menjalani bisnis Anda. Semoga bermanfaat !

Sumber :
http://www.anneahira.com/tips-jadi-pengusaha-sukses.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar