Selasa, 14 Desember 2010

Akuntansi dan Laporan Keuangan

NAMA   : INTAN PUTRI
NPM      : 23210571
KELAS  : 1EB06


BAB 11

AKUNTANSI DAN LAPORAN

1.definisi akuntansi
Akuntansi adalah proses mengidentifikasi, mengukur dan melaporkan informasi ekonomi dalam sebuah perusahaan sehingga di mungkinkan adanya penilaian dan pengambilan keputusan bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut.
2. Fungsi akuntansi
Fungsi utama akuntansi adalah sebagai informasi keuangan suatu organisasi. Dari laporan akuntansi kita bisa melihat posisi keuangan suatu organisasi beserta perubahan yang terjadi di dalamnya.
3. Pihak-pihak yang berkepentingan
-manajemen
-investor
-kreditor
-pemilik
-pegawai
4.Prinsip akuntansi
1. asas accrual basic, yaitu penghasilan dan biaya dilaporkan pada saat di akui telah terjadi
2.asas cash basic, yaitu penghasilan di laporkan saat uang di terima, biaya di laporkan saat unag di keluarkan.
3.asas kesatuan usahaatau business entity, yaitu perusahaan di anggap sebagai suatu lembaga yang berdiri sendiri.
4.kesinambungan atau going concern, yaitu perusahaan di anggap akan beroprasi selama waktu yang tidak dapat di tentukan.
5. asas pembandingan pengeluaran beban dengan penghasilan (matchingconcep), yaitu membandingkan biaya dengan pendapatan yang di hasilkan selama periode terjadinya biaya tersebut.
6.asas harga perolehan, yaitu nilai atau biaya yang di korbankan untuk memperoleh suatu barang hingga barang siap di gunakan.
5.Laporan keuangan
Catatan informasi keuangan suatu perusahaan pada suatu periode akuntansi yang dapat di gunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan tersebut.
6.isi laporan keuangan
-laporan laba rugi (income satement) adalah laporan yang menunjukan pendapatan dan beban dari suatu perusahaan dalam satu periode akuntansi.
-laporan perubahab modal (capital satement) adalah laporan yang menunjukan sebab-sebab adanya perubahab modal mulai dari modal awal sampai akhir

-laporan arus kas adalah laporan yang menunjukan arus masuk dan arus keluar tentang kas dan setara dengan kas.
7.bentuk neraca :
-bentuk T atau bentuk skronto atau bentuk rekening
-neraca bentuk laporan (staffel)
8. laporan laba rugi adalah laporan yang menunjukan pendapatan dan beban dari suatu perusahaan dalam satu periode akuntansi.
9. bentuk laporan laba rugi ada 2 macam yaitu :
-bentuk langsung (single step), menurut bentuk ini seluruh pendapatan di jumlahkan dan semua beban di jumlahkan kemudian di selisihkan untuk memperoleh besarnya laba atau rigu usaha.
-bentuk bertahap (multiple step), menurut bentuk ini di bedakan antara pendapatan usaha dengan pendapatan di luar usaha, dan di bedakan pula beban usaha dengan beban di luar usaha kemudian di selisihkan sehingga di peroleh laba atau ruginya.
10. tujuan laporan keuangan adalah menyediakan informasi yang menyangkut posisi keuangan kinerja, serta perubahan posisi keuangan suatu perusahaan yang bermanfaat bagi sejumlah besar pemakai dalam pengambilan keoutusan.


REFERENSI :
1) BUKU PANDUAN BELAJAR PRIMAGAMA
2) BUKU AKUNTANSI UNIV.GUNADARMA
3) www.google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar