Sabtu, 12 Mei 2012

Reportase tentang sopir angkot


          Saya tinggal di Desa. Parigi Mekar kecamatan Ciseeng, Parung-Bogor. Saya mengamati kendaraan yang melintas di daerah rumah saya yaitu trayek Desa babakan-Parung.
Trayek Babakan-Parung berjarak 12KM. Rata-rata sopir angkot tidak menggunakan mobil sendiri melainkan mobil sewaan yang setiap harinya sopir harus memberikan setoran kepada pemilik mobil. Uang yang harus di setor kepada pemilik mobil adalah sebesar RP. 80.000. uang setoran tersebut adalah uang setoran bersih yang di terima si pemilik mobil sebagai uang sewa mobil/hari.
          Saya melakukan survei kepada salah satu sopir yang bernama bapak Zainal. Pak Zainal sudah 3 tahun menjadi sopir angkot dan selama 3 tahun dia menggunakan mobil sewaan bukan mobil sendiri. Setoran perhari pak Zainal sebesar RP. 80.000. pak Zainal hanya bisa menempuh 4rit/hari, dalam 1 hari pak zainal hanya mendapat hasil RP.120.000 yang sudah di kurang uang bensin da pak zainal harus menyetorkan uangnya kepada pemilik mobil sebesar RP. 80.000 jadi penghasilan bersih pak Zainal sebesar RP. 40.000. uang tersebut adalah penghasilan pak Zainal dalam 1 Hari untuk di bawa pulang dan makan sehari-hari. Istri pak Zainal juga membantu mencari uang dengan bekerja menghias kerudung menggunakan payet yang upahnya beraneka ragam mulai dari RP. 2.500/kerudung sampai RP. Rp.12.000/kerudung. Apabila istri pak Zainal memilih kerudung yang upahnya RP. 2500 maka sehari dia bisa menyelesaikan 2 sampai 4 kerudung perharinya tergantung pada tingkat kesulitannya, apabila istri pak Zainal memilih kerudung yg upahnya RP. 12.000 maka 1 kerudung bisa di selesaikan dalam waktu 2 sampai 3 hari tergantung  pada tingkat kesulitannya.
          Apabila di hitung penghasilan pak Zainal dan istri perhari maksmal RP.50.000 untuk membiayai 4orang(pak Zainal, istri, dan 2 anak). Pak Zainal tidak setiap hari bekerja karna terkadang mobil yang akan di sewa sudah terlebih dahulu disewa orang lain, dan apabila pak Zainal tidak bekerja maka ia begantung pada uang sisa hasil kemarin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar